Welcome

Selamat datang...!
Setelah dibaca,,jangan lupa "like" jika anda suka eN comment jika ada pesan jg kritikan,,tyuzz jangan lupa follow my bLog yaaw...
Thanks for coming... ^_^

Bla...bla...bla...


ShoutMix chat widget

Anda Pengunjung Ke-

HTML Counter
Web Counters Google PageRank Checker

Tukaran Link yuuck...

Uchie_Ndut's      bLog Copy-Paste this Link:

Banner Link Sobat

Widget By: Forantum
Bookmark and Share

Makanan Khas Makassar

Jalan-jalan ke Makassar, nggak lengkap kayaknya kalau nggak nyicipin makanan khas dari kota Daeng ini. Makanan khas  yang banyak di minati dan paling enak di Makassar itu misalnya Coto Makassar, Jalangkote, Pallu Butung, Pisang Ijo, Sop Saudara dan Sop Konro. Lengkap degh semuanya makanan jitu dari kota ini.

Coto Makassar atau Coto Mangkasara. Makanan ini terbuat dari daging dan jeroan (isi perut) sapi yang direbus dalam waktu yang lama. Rebusan jeroan bercampur daging sapi ini kemudian diiris-iris lalu dibumbui dengan bumbu yang diracik secara khusus. Coto dihidangkan dalam mangkuk. Eeiiitttzz..tunggu dulu, makan Coto tanpa ketupat dan burasa gak afhdol rasanya. Karna makanan ini baru enak rasanya jika dimakan dengan ketupat dan burasa (semacam lontong tapi di bungkus pakai daun pisang dan memakai santan).
Jalangkote, makanan ini sebenernya mirip pastel dari bentuk dan isinya. Tapi isinya ada yang agak beda, ada wortel, bihun, potongan kentang berbentuk dadu, plus potongan telur ayam rebus.. Semua isi jalangkote dibalut dengan kulit dari tepung terigu dan digoreng renyah. Terus, disajikan dengan saus asam pedas yang khas.. bukan sambal botolan instan loh, tapi racikan sendiri. Nie merupakan makanan kesukaan ku banget, pokok’ne makyuuusss degh’......!

Es pisang ijo, Sebenarnya dari namanya juga udah ketauan juga isinya apaan, pisang yang warnanya ijo. Pisang yang dikukus utuh berbalut kulit ijo (yang terbuat dari tepung ketan). Terus diberi kuah yang terbuat dari tepung beras, terus dipenuhi dengan serutan es batu, plus disiram dengan sirup cocopandan merah.. kontras banget warnanya : ijo, putih, merah. Mantaap bener dagh,,hohoho..
Sebenarnya  pisang ijo ini mirip dengan Pallu, namanya pallu butung (pallu : makanan berkuah). Bedanya kalo pallu butung pisang kukusnya nggak pake dibalut tepung ketan ijo dan pisangnya di potong pipih. Tapi kuahnya hampir sama dengan pisang ijo.

Sop konro dan Sop sodara.Kedua sop ini sebetulnya tidak berbeda jauh. Sop konro isinya daging sapi, sementara sop sodara berisi jeroan, terutama babat. Sop ini hampir sama dengan Coto Makassar. Bedanya, Coto Makassar airnya lebih kental, dan sop sodara di dalamnya juga ditambahkan perkedel.
Sementara sop konro (sop iga sapi), daging sapi disuguhkan bersama tulangnya yang besar-besar. Meski disajikan dengan tulang, tidak berarti kita akan kesulitan menyantapnya loh...! Begitu masuk mulut, daging akan terlepas dengan sendirinya. Keduanya sama-sama disantap bersama kuah panas yang dibuat dari berbagai macam bumbu serta kluak dan kacang merah yang dilumatkan. 


Wiiiieeeeeh’....jadi ngiler euy pengen makan semua makanan yang ada di atas..pokoknya, kalau datang ke Makassar..INGAT HARUS cicipin makanan Khas dari Kota ini.. di jamin top markotop degh’...!!!

  

11 komentar:

  1. Ha a.aa.
    masing masing daerah punya ciri khas makanan soto ya.
    tp menurut ku diantara semua soto, soto medan paling yahud...

    BalasHapus
  2. @Anak Brayan: wiiieeeeh,,gak mau di kalah nie,,hohohoo...klo makanan situ enak,,kirimin juga donk kemari,,hehehee..

    BalasHapus
  3. hmm, kayaknya enak-enak tuh.. jadi laper..!! :P
    aku taunya cuma sop konro doang, chie, di surabaya ada cuma belum pernah makan.. :P

    BalasHapus
  4. @Dhanis: jiiaaaah'...napa gak di coba.. di jamin enak loh.. Top markotop degh,,hehehee..

    BalasHapus
  5. hehe, oke deh ntar aku coba.. cz, sekarang jarang bisa keluar makan sih, kalo gak pas sama temen-temen gitu gak seru acara makannya.. :P

    BalasHapus
  6. wah jadi laper nih,, makasih info makanannya,, mau makan dulu ah,,

    salam kenal dari bung yudi

    BalasHapus
  7. Wah jadi ngiler nich ngelihatnya
    bikin perut berguling2

    BalasHapus
  8. konro bakarnya mak nyuuuusss :)

    BalasHapus
  9. enak - enak semua makanannya yah, penasaran pengen nyoba yang jalangkte. terima kasih

    BalasHapus

About Me

Foto saya
I'm a simple girl...!!! Cuek,,Manja,, NyebeLin tapi GokiL..

I'm Following This Contest


Vote This bLog

My site was nominated for Best Entertainment Blog!

Follow My Blog

I'm Member of

Daftar Pengunjung

Iklan

Online Casino